Retikulum Endoplasma


  • Retikulum Endoplasma (RE, atau endoplasmic reticula) adalah organel yang dapat ditemukan pada semua sel eukariotik.
  • Retikulum Endoplasma (RE) merupakan labirin membran yang demikian banyak sehingga retikulum endoplasma meliputi separuh lebih dari total membran dalam sel-sel eukariotik. (kata endoplasmik berarti “di dalam sitoplasma” dan retikulum diturunkan dari bahasa latin yang berarti “jaringan”).
  • Pengertian lain menyebutkan bahwa RE sebagai perluasan membran yang saling berhubungan yang membentuk saluran pipih atau lubang seperti tabung di dalam sitoplasma. Lubang/saluran tersebut berfungsi membantu gerakan substansi-substansi dari satu bagian sel ke bagian sel lainnya.

Pada preparat sel irisan dengan mikroskop elektron membran pada RE terlihat berpasang-pasangan, meliputi rongga-rongga dan tabung pipih. Ruang yang terkurung ini mungkin saling berhubungan. Membran-membran tersebut mempunyai struktur lipid yang sama pada membran lain. Gambar sel hewan secara umum memperlihatkan letak RE dalam sel, dimana RE berhubungan dengan membrane inti (nucleus).
Sel Hewan
Di sekitar Retikulum Endoplasma adalah bagian sitoplasma yang disebut sitosol atau cairan sel. Retikulum Endoplasma sendiri terdiri atas ruangan-ruangan kosong yang ditutupi dengan membran dengan ketebalan 4 nm (nanometer, 10-9 meter).

Retikulum Endoplasma
Pada bagian-bagian RE tertentu, terdapat ribuan ribosom. Ribosom merupakan tempat dimana proses pembentukan protein terjadi di dalam sel. Bagian ini disebut dengan Retikulum Endoplasma Kasar atau Rough Endoplasmic Reticulum (RER). Kegunaan Retikulum Endoplasma Kasar adalah untuk mengisolir dan membawa protein tersebut ke bagian-bagian sel lainnya. Kebanyakan protein tersebut tidak diperlukan sel dalam jumlah banyak dan biasanya akan dikeluarkan dari sel. Contoh protein tersebut adalah enzim dan hormon. RE kasar banyak terkandung dalam sel-sel glandular yang mensekresi protein.
Ribosom yang menempel pada RE kasar merupakan molekul yang berukuran 20 – 25 nm, terdiri dari 2 sub unit protein; yaitu sub unit besar dan sub unit kecil, dan rRNA. Sub unit protein besar berikatan langsung dengan membran RE kasar. Selain menempel pada RE kasar, ribosom juga terdapat bebas pada matriks sitoplasma. Kedua bentuk ribosom (terikat pada retikulum dan bebas pada sitoplasma) memiliki fungsi yang sama, yaitu mensintesis protein. Untuk menjalankan fungsi tersebut, ribosom harus terikat dengan mRNA yang berisi informasi tentang urutan asam amino yang akan disintesis membentuk polipeptida.
Struktur Ribosom
Satu kelompok ribosom yang terdiri dari lebih dari 10 ribosom dapat terikat pada satu untai mRNA untuk melakukan sintesis protein. Kelompok ribosom ini dinamakan polyribosome atau polysome.
Proses sintesis protein oleh ribosom dimulai sejak mRNA menempel pada sub unit protein, selanjutnya terjadi penambahan asam amino oleh tRNA yang sesuai dengan kode pada mRNA. Proses penambahan asam amino akan membentuk rantai asam amino, dan akan berakhir pada kode tertentu dlm mRNA. Rantai asam amino, yang juga disebut polipeptida, selanjutnya akan dilepaskan dari ribosom dan masuk ke RE kasar untuk disalurkan ke organel lain, misalnya kompleks Golgi. Sedangkan bagian-bagian Retikulum Endoplasma yang tidak diselimuti oleh ribosom disebut Retikulum Endoplasma Halus atau Smooth Endoplasmic Reticulum (SER). Kegunaannya adalah untuk membentuk lemak, fosfolipid dan steroid. Sel-sel yang sebagian besar terdiri dari Retikulum Endoplasma Halus terdapat di beberapa organ seperti hati.
Terdapat tiga jenis retikulum endoplasma:
  • RE kasar. Di permukaan RE kasar, terdapat bintik-bintik yang merupakan ribosom. Ribosom ini berperan dalam sintesis protein. Maka, fungsi utama RE kasar adalah sebagai tempat sintesis protein yang akan dikirim ke membran. Selain itu juga terjadi modifikasi protein seperti sulfatisasi, pelipatan, dan glikosilasi dalam RE kasar. Sehingga protein-protein tersebut menjadi bahan untuk pembentukkan sel integral dan lemak pada membran.
  • RE halus tidak memiliki bintik-bintik ribosom di permukaannya. RE halus berfungsi dalam beberapa proses metabolisme yaitu sintesis lipid, metabolisme karbohidrat dan konsentrasi kalsium, detoksifikasi obat-obatan, dan tempat melekatnya reseptor pada protein membran sel. RE halus berfungsi dalam berbagai macam proses metabolisme, termasuk sintesis lipid, metabolisme karbohidrat, dan menawarkan obat dan racun.
  • RE sarkoplasmik. RE sarkoplasmik adalah jenis khusus dari RE halus. RE sarkoplasmik ini ditemukan pada sel-sel otot lurik. Yang membedakan RE sarkoplasmik dari RE halus adalah kandungan proteinnya. RE halus mensintesis molekul, sementara RE sarkoplasmik menyimpan dan memompa ion kalsium. RE sarkoplasmik berperan dalam pemicuan kontraksi otot.
Fungsi Retikulum Endoplasma :
  • Menjadi tempat penyimpan Calcium, bila sel berkontraksi maka calcium akan dikeluarkan dari RE dan menuju ke sitosol  
  • Memodifikasi protein yang disintesis oleh ribosom untuk disalurkan ke kompleks golgi dan akhirnya dikeluarkan dari sel. 
  • Mensintesis lemak dan kolesterol, ini terjadi di hati (RE kasar) 
  • Menetralkan racun (detoksifikasi) misalnya RE yang ada di dalam sel-sel hati (RE kasar dan RE halus) 
  • Transportasi molekul-molekul dan bagian sel yang satu ke bagian sel yang lain (RE kasar dan RE halus) 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »