How To : Speed up Google Chrome Performance

Google chrome adalah browser yang paling populer dewasa ini. Browser ini sangat populer karena simpel dan mudah digunakan. Tetapi kinerja Google Chrome sangatlah menyita RAM yang cukup banyak untuk sebuah browser, mengakibatkan kinerja-nya juga melambat. Khususnya untuk PC low-end yang tidak memiliki resource yang memadai. Berikut adalah cara cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja chrome.



1. Bereksperimen

Ketikkan "chrome://flags/" pada address field untuk memasuki page yang berisi fitur fitur experimental yang tersembunyi pada chrome. Fitur fitur tersembunyi ini dibuat dengan tujuan untuk menyesuaikan environment agar dapat dengan nyaman digunakan oleh user. Sesuai dengan peringatan yang tertulis, salah mengubah settingan akan menyebabkan terjadinya crash pada Google Chrome anda.

2. "Override software rendering list Mac, Windows, Linux, Chrome OS"

Meng-override google chrome agar akselerasi GPU dapat berjalan pada sistem konfigurasi yang belum support. Menyalakan fitur ini memungkinkan untuk menyingkat waktu load games dan video.

3. "GPU compositing on all pages Mac, Windows, Linux"

Opsi ini akan memaksa komposisi GPU pada semua page, tidak hanya pada GPU-Accelerated layer. Menyalakan fitur ini memungkinkan chrome untuk berjalan lebih cepat.

4. "Threaded compositing Mac, Windows, Linux, Chrome OS"

Menyalakan opsi ini memungkinkan Google Chrome untuk mengaktifkan thread sekunder pada sistem multicore yang mengakibatkan scroll mouse yang lebih halus, bahkan jika thread utama sedang sibuk pada tugas yang lain.

5. Disable accelerated 2D canvas Mac, Windows, Linux, Chrome OS

Mematikan opsi ini bertujuan untuk melarang GPU untuk memproses kanvas 2D dan memaksa untuk menggunakan CPU saja.

6. Disable accelerated CSS animations Mac, Windows, Linux, Chrome OS

Pada saat threaded compositing aktif, animasi CSS yang terakselerasi akan diproses di thread ini dan mengakibatkan kinerja chrome menjadi sedikit lambat.

7. GPU Accelerated SVG Filters Mac, Windows, Linux, Chrome OS

Mengaktifkan opsi ini memaksa GPU untuk mengakselerasi render dari filter SVG. Yang akan membuat load website menjadi lebih cepat karena gambar gambar yang berat langsung diproses oleh GPU sehingga menjadi lebih cepat.

8. Disable GPU VSync Mac, Windows, Linux, and Chrome OS

Jika anda gamer pasti tahu mengenai opsi ini, opsi ini bertujuan untuk menonaktifkan sinkronisasi refresh rate dengan refresh rate monitor anda.

Cara cara diatas patut anda gunakan apabila anda menggunakan sistem yang tidak terlalu memadai, sehingga kinerja chrome akan meningkat. Tetapi jika anda menggunakan sistem yang mumpuni, kami kira cukup tidak perlu anda tweak lagi dan performanya seharusnya sudah cukup untuk menjalankan browser Google Chrome ini.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »